SELEKSI : Selain Pantukir untuk Paskibraka Kabupaten, Para Siswa Juga Diseleksi untuk Tingkat Provinsi dan Nasional


IAINUonline – Persiapan upacara detik-detik proklalamasi 17 Agustus sudah dilakukan. Pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sudah dimulai.

Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein membuka pemantauan terakhir (pantukir) serta seleksi anggota Paskibraka tingkat provinsi dan nasional tahun 2021.

Acara digelar di gedung Korpri kompleks Pendopo Kridho Manunggal Kabupaten Tuban. Sebanyak 76 siswa-siswa SMA sederajat calon anggota Paskibraka di Kabupaten Tuban mengikuti pantukir serta seleksi ini.

Dari ke 76 pelajar ini akan diseleksi hingga menyisakan 6 orang untuk tingkat provinsi dan 2 orang untuk tingkat nasional.

Wabup mengapresiasi kegiatan pantukir ini, karena di masa pandemi Covid-19 tim seleksi dan panitia berhasil melaksanakan kegiatan ini dengan baik.

“Terima kasih tim seleksi dari provinsi yang telah hadir, tim seleksi kabupaten serta terutama untuk panitia karena telah sukses melaksanakan kegiatan ini di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wabup juga mengingatkan bahwa para pelajar yang mengikuti pantukir adalah pelajar terbaik dari 392 pendaftar. Mereka diambil 44 putra dan 32 putri. Mereka harus bisa menjaga perilaku, karena saat ini bukan hanya nama baik keluarga pribadi tapi juga membawa nama baik Kabupaten Tuban.

“Saya ingatkan menuju 17 Agustus 2021 masih sangat jauh, kalian adalah pemuda-pemudi terpilih. Sekarang sudah menjadi perhatian dari masyarakat, jadi harus bisa menjaga perilaku di tengah masyarakat dan pergaulan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Terutama untuk yang berkaitan dengan asusila dan moral apalagi terlibat narkoba,”pesan Wabup.

Mantan Ketua PCNU Tuban ini juga menerangkan, melalui Paskribaka yang diisi oleh generasi milenial adalah sarana untuk membentuk karakter generasi muda terpilih untuk meneruskan perjuangan para patriot-patriot bangsa.

“Perjuangan 1945 itu bisa terwarisi ke generasi milenial melalui Paskibraka,” tegasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban Sulistiadi menyampaikan untuk mencari para calon peserta Paskibraka, panitia membagi empat zona.

Di antaranya, zona satu di Kecamatan Montong meliputi 7 kecamatan,  zona dua Jatirogo meliputi 5 kecamatan, zona tiga Kecamatan Rengel meliputi 5 kecamatan, serta zona empat Kecamatan Tuban meliputi 3 kecamatan yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 25 Maret 2021.

Hadir dalam kegiatan itu Kepala BNNK Tuban, Kepala Bakesbangpol Tuban, tim seleksi Provinsi Jatim 2021 serta Forkopimda Tuban.(*)

 

Penulis/editor : Sri Wiyono

 

One thought on “Ikuti Pantukir, 76 Siswa Sekaligus Seleksi Paskribraka Provinsi dan Nasional”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *