Oleh : Drs. KH.Fathul Amin, M.PdI

Umat Islam sangat rindu dan berbahagia saat ini karena mendapat kesempatan bertemu kembali dengan bulan Ramadan. Permohonan setahun lalu untuk bisa bertemu kembali dengan Ramadan mendatang dikabulkan Allah.

Kenapa bulan Ramadan sangat dinantikan oleh umat Islam dan kedatangannya disambut dengan penuh kebahagiaan? Marhaban yaa Ramadan. Ini dikarenakan bulan Ramadan memiliki keutamaan-keutamaan yang diberikan Allah SWT pada umat Nabi Muhammad SAW.

Yang pertama, Allah memerintahkan kita untuk melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan sebagai penghapus dosa tahunan, antara pelaksanaan ibadah Ramadan dengan Ramadan mendatang.

Yang kedua, Ramadan disebut dengan Syahrul Qur’an, Bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an. Sebagaimana firman Allah dalamQS. al-Baqarah : 185  :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
“Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan al- Qur’an sebagai petunjuk (al-Hudaa) bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan sebagai pembeda (al-Furqan)”

Dan yang ketiga, Allah SWT memberikan kehormatan yang luar biasa pada umat Nabi Muhammad SAW dengan menurunkan malam yang spesial yang hanya ada di bulan suci Ramadan. Malam ini disebut malam Lailatul Qadr, sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. al-Qadr : 1-5 ;

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ. وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ . تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ . سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ.
” Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Qur’an) pada malam kemuliaan (al-Qadr), Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?, Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan, Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan, Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Dalam bulan suci Ramadan yang penuh berkah adalah berlipat gandanya pahala dan keberkahan yang bisa diperoleh. Oleh karena itu, umat Islam perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya supaya bisa menjalani bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Banyak ibadah yang bisa dilakukan, salah satunya muhasabah Alqur’an. Umat muslim juga disarankan untuk banyak-banyak bermohon kepada Allah karena tidak ada doa yang tidak dikabulkan Allah. Untuk itu, perbanyak berdoa untuk kepentingan kebaikan dunia akhirat.

Ada 4 kelompok orang yang dirindukan surga. Yang pertama, orang yang selalu membaca dan mentadaburi isi Al Qur;an. Yang kedua orang yang menjaga lisan dan menghindari hal-hal tidak baik yang disebabkan oleh lisan. Dan yang ketiga, orang yang memiliki kepedulian sosial pada fakir miskin dan yang keempat adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadan.

Untuk itu, kita harus betul-betul mempersiapkan diri dengan ikhtiar JAMU KENDI, jaga mulut kendalikan diri.(*)

link youtube : https://youtu.be/Mx3Ql18G5w0

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *