Oleh : Hj. Jauharotina Alfadhillag, Lc. M.Ag

Salah satu dilema yang dihadapi oleh calon ibu baru atau ibu baru yang tengah menyusui anaknya yaitu bagaimana ketika masuk pada bulan suci Ramadan apakah ia wajib untuk tetap berpuasa? Atau memang jika dia boleh tidak berpuasa, bagaimana hukumnya?

Jadi, ketika seorang ibu hamil atau ibu menyusui ia memasuki bulan suci Ramadan dan ia kuat atau mampu untuk melaksanakan ibadah puasa maka wajib baginya untuk melaksanakan puasa di bulan suci Ramadan.

Namun, jika misalnya ia tidak lagi mampu untuk berpuasa, pada trimester pertama misalnya ia sedang mual, muntah merasa sangat lelah dan mudah letih, maka ia boleh meninggalkan puasa pada bulan suci Ramadan.

Sebenarnya hukum puasa bagi ibu hamil dan menyusui jika faktor yang menyebabkan ia meninggalkan puasa di bulan Ramadan, maka ulama sepakat ia cukup meng-qada puasa seberapa banyak yang ia tinggalkan pada bulan suci Ramadan.

Namun permasalahan yang lainnya adalah ketika seorang ibu hamil atau menyusui, ia meninggalkan puasa Ramadan bukan karena sebab dirinya, tetapi khawatir akan anaknya, misalnya.

Sebenarnya ia mampu, tapi ia harus meninggalkan puasa karena khawatir akan bayinya, maka dalam hal ini ada 3 perbedaan pendapat ulama. Pendapat yang pertama menyebutkan bahwa ia cukup meng-qada puasa yang ditinggalkan.

Pendapat yang kedua (pendapat Syafiiyah) menyatakan hukumnya wajib baginya untuk meng-qada dan membayar fidyah. Sedangkan pendapat ketiga (pendapat Imam Abu Hanifah) menyatakan bahwasanya kita bebas memilih salah satu antara meng-qada atau membayar fidyah.

Namun ketika kita disandarkan pada dua pilihan tersebut, maka kita cenderung lebih baik meng-qada puasa daripada membayar fidyah. Karena sesungguhnya puasa itu lebih baik darimu daripada membayar fidyah.

Jadi ketika seorang ibu hamil atau menyusui, untuk kehati-hatian kita, maka lebih baik bagi kita untuk meng-qada dan membayar fidyah supaya tidak ada keragu-raguan dalam diri kita.(*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *